Senin, 24 Mei 2010

Konsep Knowledge Management

Di sebuah perusahaan terdapat basis pengetahuan, yang dalam kesehariannya diakses oleh para pekerjanya untuk kebutuhan helps pembuatan software, help desk, dokumentasi bugs hasil testing dan solusinya, tips programming, metodologi software engineering, dokumentasi projects dan tools yang dipake, dan masih banyak lagi. Macam dari pengetahuan itu bisa berupa files yang letaknya terpisah di komputer lain, tulisan yang telah didokumentasikan dalam aplikasi web, atau masih tersimpan dalam memori otak pekerjanya. :-p Tentu saja basis pengetahuan itu akan berkembang seiring dengan berjalannya perusahaan mengarungi hari-harinya. Sebelum lebih jauh, agar pengetahuan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, perusahaan itu akan melakukan penataan kembali terhadap resource yang dia punyai, menata pengetahuan yang sekiranya perlu dan yang sekiranya tidak perlu, atau susunannya yang belum pas untuk kebutuhan di perusahaan, atau karyawan tidak lagi tertarik terhadap resource-nya perusahaan karena memang tidak menarik. Untuk kebutuhan pengelolaan kembali resource tersebut, perusahaan akan menerapkan Knowledge Management dengan menggunakan konsep Semantic Meta Data. Nah, apa itu Knowledge Management (KM) dan apa pula yang namanya Semantic Meta Data itu? Berikut bahasannya.
Konsep Knowledge Management
Manajemen pengetahuan (knowledge management) adalah sebuah konsep baru di dunia bisnis. Konsep ini berkembang pesar terutama sejak tahun 2000-an. Tujuan penerapan konsep ini adalah untuk meningkatkan dan memperbaiki operasional perusahaan dalam mencari keuntungan kompetitif. Manajemen pengetahuan digunakan untuk memperbaiki komunikasi diantara manajemen puncak dan pekerja untuk mempertahankan proses kerja, menanamkan budaya berbagai pengetahuan dan mengimplementasikan sistem penghargaan berbasis kinerja.
Definisi knowledge management masih beragam antar berbagai ahli. Perbedaan ini terutama karena masih beragamnya persepsi atau pendapat tentang perbedaan informasi dan pengetahuan. Para ahli dibidang informasi menyebutkan bahwa informasi adalah pengetahuan yang disajikan kepada seseorang dalam bentuk yang dapat dipahami; atau data yang telah diproses atau ditata untuk menyajikan fakta yang mengandung arti. Sedangkan pengetahuan berasal dari informasi yang relevan yang diserap dan dipadukan dalam pikiran seseorang. Sedangkan pengetahuan berkaitan dengan apa yang diketahui dan dipahami oleh seseorang. Informasi cenderung nyata, sedangkan pengetahuan adalah informasi yang diinterpretasikan dan diintegrasikan.
Apa arti knowledge management? Dalam definisi www.worldIQ.com , knowledge management berasal dari kata knowledge dan management.
• Knowledge is a justified true belief (a philosophical definition)
• Knowledge is the awareness and understanding of facts, truths or information gained in the form of experience or learning.
• Management is a process of planning and controlling the performance or execution of any type of activity, such as: a project or a process
Secara terminologi, manajemen pengetahuan berarti sebuah proses perencanaan dan pengontrolan kinerja aktivitas tentang pembentukan proses pengetahuan. Definisi yang lebih lengkap tentang knowledge management, menurut Gupta (2000) :
“A process that helps organizations find, select, disseminate, and transfer important information and expertise necessary for activities such as problem solving, dynamic learning, strategic planning and decision making”
Menurut Bhatt (2000) :
“A process of knowledge creation, validation, presentation, distribution, and application”
Menurut worldIQ.com :
“Knowledge management is associated with the processes for the creation, dissemination, testing, integration, and utilization of knowledge within organizations”
Menurut Jarvenspaa dan Maki (2001) :
“Creation of new knowledge, knowledge sharing and diffusion, and tools and methods to promote them”
Secara umum, knowledge management adalah sebuah proses yang mengkoordinasikan penggunaan informasi, pengetahuan dan pengalaman. Dengan konsep tersebut, berarti ada perbedaan untuk data, informasi dan pengetahuan. Berdasarkan hierarkinya, informasi berasal dari data yang telah diproses sehingga dapat diinterpreasikan. Data terdiri dari angka-angka (untuk data kuantitatif) dan bentuk fakta-fakta lain yang yang relative tidak berarti bagi pemakai. Contohnya, jumlah jam kerja karyawan dalam perusahaan. Setelah data tersebut diproses, dia dapat berubah menjadi informasi. Jika jam pekerja dikalikan dengan upah per jam, hasilnya adalah pendapatan kotor. Jika angka pendapatan kotor tiap pekerja dijumlahkan, perjumlahan tersebut adalah total biaya gaji bagi seluruh perusahaan. Jumlah biaya gaji dapat menjadi informasi bagi pemilik perusahaan.
Pengetahuan adalah hasil dari pengolahan informasi secara lebih lanjut dengan menggunakan metode tertentu. Sedangkan kebijaksanaan (wisdom) lebih kearah pengambilan keputusan dari pengguna pengetahuan.

Sumber :
Dwi Mlynto http://edui.wordpress.com/2007/05/20/knowledge-management/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar